MATA DIKLAT
KELAS
KOMPETENSI
KODE
: DASAR KOMPETENSI KEJURUAN TEKNIK PENGELASAN
: XI / I
: MENGENAL DASAR PROSES PENGELASAN TIG
: DK 06
DURASI PEMBELAJARAN : 10 X 45 MENIT
Kompetensi Dasar Kriteria Kinerja
1. Pengenalan proses
pengelasan TIG
A. Kognitif (Level aplikasi)
1. Alat – alat pengelasan tig
dengan alat las disebutkan
oleh siswa secara benar.
Skenario Pembelajaran
Pra KBM :
1. Guru memasuki ruang kelas dan
mengucapkan salam kepada peserta
diklat.
2. Guru meminta peserta diklat untuk
membaca doa dengan dipimpin oleh
ketua kelas.
3. Guru memeriksa kehadiran peserta
diklat.
4. Guru membuka pelatihan dan
menjelaskan materi yang akan dipelajari.
KBM Inti (Pengetahuan):
1. Guru memperlihatkan gambar alat – alat
pengelasan tig, beserta nama – nama
peralatan tersebut dalam bentuk slide
Media
Media
komputer
dengan slide
Referensi
Modul “GTAW”.
2. Kegunaan tiap alat pada
pengelasan tig dijelaskan
dengan media komputer. Lalu peserta
diklat diminta memperhatikan
bentuknya. Lalu guru menugaskan
peserta diklat untuk mencocokkan
gambar peralatan pengelasan dengan
nama alat yang sesuai. Kemudian guru
memperlihatkan gambar dan nama
peralatan pengelasan yang telah
dicocokkan dengan benar. (5 menit)
2. Setelah siswa menyebutkan nama alat
dan gambarnya, selanjutnya siswa
gambar
peralatan
peralatan
pengelasan
Media
komputer
–
oleh peserta diklat dengan
benar.
3. Jenis-jenis tipe pendinginan
diminta menjelaskan kegunaannya. (10
menit)
3. Guru memperlihatkan gambar jenis-jenis
dengan slide
gambar
peralatan –
peralatan
pengelasan tig
Media
komputer
pada
pengelasan
tig
pendinginan dalam bentuk slide dengan
dengan slide
disebutkan oleh peserta
media komputer. Lalu guru meminta
gambar jenis
diklat dengan benar.
4. Jenis-jenis power source
disebutkan dengan benar.
peserta diklat untuk memperhatikan cara
& jenis pendinginan,tanda panah dan
tanda T yang diberi nomor. Kemudian
guru menugaskan peserta diklat untuk
mencocokkan gambar jenis pendinginan
dengan nama yang sesuai. Kemudian
guru memperlihatkan gambar dan nama
jenis pendinginan yang sudah
dicocokkan dengan benar. (5 menit).
4. Guru memperlihatkan gambar jenis-jenis
power source dan nama-nama power
source dalam bentuk slide dengan media
komputer. Guru menugaskan peserta
diklat untuk mencocokkan gambar
power source dengan nama power
source yang sesuai. Kemudian guru
memperlihatkan gambar dan nama
power source yang sudah dicocokkan
dengan benar. (5 menit)
pendinginan.
Media
komputer
dengan slide
gambar power
source
5. Cara merangkai Welding
torch dapat dijelaskan.
5. Guru memperlihakan gambar Welding
torch, komponen Welding torch,
rangkaian Welding torch dan langkah
pemasangan dalam bentuk slide dengan
Media
komputer
dengan slide
gambar
Welding torch
menggunakan
media
komputer,
dan
gambar
6. Jenis-jenis kawat las Tig
dijelaskan dengan benar.
kemudian siswa diberi waktu untuk
mengamati rangkaian Welding torch dan
selanjutnya siswa diminta untuk
menjelaskan cara merangkai Welding
torch (15menit).
6. Guru memperlihatkan gambar kawat las
Tig dalam bentuk slide dengan media
komputer, lalu guru memberikan
kesempatan kepada peserta diklat untuk
memperhatikan jenis kawat las Tig pada
gambar tersebut. Lalu guru meminta dua
peserta diklat untuk menjelaskan cara
kpemilihan kawat las Tig. (15 menit)
rangakaian
Welding torch
Media
komputer
dengan slide
jenis gambar
kawat las Tig
7. Jenis-jenis shielding gas Tig
dijelaskan dengan benar.
8. Pengaruh Flow Rate
dijelaskan dengan benar.
7. Guru memperlihatkan gambar jenis
shielding gas Tig dalam bentuk slide
dengan media komputer, lalu guru
memberikan kesempatan kepada peserta
diklat untuk memperhatikan jenis
shielding gas Tig pada gambar tersebut.
Lalu guru meminta dua peserta diklat
untuk menjelaskan cara pemilihan gas
berdasarkan kegunaannya. (15 menit)
8. Guru memperlihatkan gambar Flow
Rate dalam bentuk slide dengan media
komputer, lalu guru memberikan
kesempatan kepada peserta diklat untuk
memperhatikan cara pengaturan Flow
Rate pada gambar tersebut. Lalu guru
meminta dua peserta diklat untuk
menjelaskan prinsip kerja Flow Rate (15
menit)
Media
komputer
dengan slide
jenis shielding
gas Tig
Media
komputer
dengan slide
gambar Flow
Rate .
Media
komputer
9. Kegunaan
tiap
9. Setelah siswa menjelaskan sistem kerja
dengan slide
assesories/perlengkapan
pengelasan Tig selanjutnya siswa
gambar
Pada
pengelasan Tig
diminta menjelaskan kegunaannya. (10
pengelasan
dijelaskan peserta diklat
dengan benar
B. Psikomotor (Level respon
komplek)
1. Persiapan
Peralatan keselamatan kerja
diperiksa dan dipakai.
menit)
Guru memeriksa kelengkapan siswa
dalam memakai alat keselamatan
kerja. (5 menit)
Guru memeriksa siswa dalam memilih
alat bantu. (5 menit)
Guru memeriksa siswa dalam
Tig.
Media
komputer
dengan slide
gambar
pengelasan Tig
.
Dengan
memperhatikan
mempersiapkan
alat-alat
untuk
keperluan
pekerjaan,
pengoperasian mesin. (5 menit)
peralatan bantu disiapkan
Peralatan pengoperasian
Siswa
menyiapkan komponen-
pengelasan Tig disiapkan.
komponen pengelasan Tig. (10 menit)
2. Proses Kerja
Siswa
memasang
rangkaian
Kompoen-komponen yang
pengelasan Tig sesuai dengan
diperlukan
untuk
prosedur. (10 menit)
pengelasan Tig disiapkan
sesuai Job Sheet.
Pemasangan pengelasan
Tig sesuai energi source
dilakukan dengan benar.
3. Sikap Kerja
Prosedur keselamatan kerja
dipakai dan dipatuhi dengan
baik.
Prosedur langkah kerja
dilakukan.
4. Produk Kerja
Komponen-komponen untuk
pengelasan Tig sesuai
Siswa selalu memakai peralatan
keselamatan kerja sesuai prosedur.
Siswa dalam proses kerjanya selalu
berdasarkan langkah kerja yang telah
dibuat.
energi
sesuai
dengan
gambar pengelasan Tig
sesuai energi
Pemasangan
rangkaian
pengelasan Tig sesuai
energi dilakukan sesuai
dengan prosedur urutan.
5. Waktu
Dengan memperhatikan langkah
kerja pada
Job
Sheet
pengelasan Tig sesuai energi
dilakukan dengan tepat waktu.
C. Afektif (Level Menilai)
1. Minat
Berusaha mengembangkan
kemampuan
dalam
ketrampilan mengaplikasi
pengelasan Tig sesuai jenis
pekerjaan.
Siswa dalam bekerja tidak harus selalu
dibimbing dan diperhatikan oleh guru,
siswa dinilai bagaimana kreatifitasnya
2. Perhatian
dalam
mengoperasikan
sistem
Setiap perintah
yang
pengelasan Tig sesuai energi juga
diberikan guru baik sewaktu
di kelas maupun di
workshop diperhatikan
bagaimana kerjanya bila tidak
diperhatikan oleh guru.
dengan baik.
Siswa
tidak
menolak
bila
Bekerja dengan serius dan
sungguh-sungguh sewaktu
praktek.
diperintahkan menjawab pertanyaan
yang diberikan guru sewaktu di kelas
dan Siswa mengerjakan pekerjaannya
sesuai dengan yang diperintahkan guru
3. Disiplin
Kehadiran dalam kegiatan
belajar mengajar.
Tidak terlambat datang saat
kegiatan belajar mengajar.
Prosedur keselamatan kerja
dipakai dan dipatuhi dengan
baik.
sewaktu di workshop.
Siswa tidak bergurau sewaktu bekerja
di workshop.
Guru mengabsen siswa setiap awal
dan akhir pertemuan kegiatan belajar
mengajar. ( 5 menit)
Bagi yang terlambat diberi ciri khusus,
bila sudah terlambat sebanyak tiga kali
maka dianggap satu kali alpa.
Prosedur
pemasangan
Siswa mengikuti prosedur keselamatan
pengelasan Tig sesuai
energi dilakukan
Prosedur langkah kerja
pengelasan Tig sesuai
energi dilakukan dengan
benar
Perawatan mesin dilakukan
dengan melihat prosedur.
kerja dengan benar.
Siswa mengikuti prosedur pengelasan
Tig sesuai energi dengan baik.
Siswa mengikuti prosedur langkah
kerja pengelasan Tig sesuai energi
dengan baik.
Siswa melakukan pembersihan dan
perawatan
setelah
selesai
menggunakan mesin.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar