Muszik picu

widgets
Masukan Nama Penyanyi - Judul Lagu

Mesin Cari Free Download Mp3 Gratis

Sabtu, 22 Januari 2011

kompetensi kejuruan las



MATA DIKLAT
KELAS
KOMPETENSI
KODE 


: DASAR KOMPETENSI KEJURUAN TEKNIK PENGELASAN
: XI / I
: MENGENAL DASAR PROSES PENGELASAN TIG
: DK 06

DURASI PEMBELAJARAN : 10 X 45 MENIT


Kompetensi Dasar                    Kriteria Kinerja
1.   Pengenalan  proses
pengelasan TIG




















A.  Kognitif (Level aplikasi)
1.   Alat    alat pengelasan  tig
dengan alat las  disebutkan
oleh siswa secara benar.




Skenario Pembelajaran
Pra KBM :
1. Guru      memasuki  ruang         kelas  dan
mengucapkan salam  kepada peserta
diklat.
2. Guru meminta  peserta diklat untuk
membaca doa dengan  dipimpin oleh
ketua kelas. 
3. Guru memeriksa  kehadiran peserta
diklat. 
4. Guru        membuka        pelatihan         dan
menjelaskan materi yang akan dipelajari. 


KBM Inti (Pengetahuan): 
1. Guru memperlihatkan gambar alat – alat
pengelasan  tig, beserta nama    nama
peralatan tersebut  dalam  bentuk slide




Media

























Media
komputer
dengan       slide




Referensi
Modul “GTAW”.
























2.   Kegunaan   tiap alat pada
pengelasan  tig  dijelaskan


dengan media  komputer. Lalu peserta
diklat           diminta           memperhatikan
bentuknya.  Lalu         guru     menugaskan
peserta     diklat      untuk  mencocokkan
gambar  peralatan pengelasan  dengan 
nama  alat  yang  sesuai. Kemudian guru
memperlihatkan gambar  dan nama
peralatan       pengelasan       yang       telah
dicocokkan dengan benar. (5 menit)




2. Setelah  siswa menyebutkan nama alat
dan     gambarnya,      selanjutnya  siswa


gambar
peralatan
peralatan
pengelasan














Media
komputer





oleh peserta diklat dengan
benar.










3.   Jenis-jenis tipe pendinginan

diminta menjelaskan kegunaannya.  (10
menit)










3. Guru memperlihatkan gambar jenis-jenis

dengan       slide
gambar
peralatan        
peralatan
pengelasan tig


Media
komputer

pada

pengelasan

tig

pendinginan  dalam  bentuk slide dengan

dengan       slide

disebutkan  oleh          peserta

media komputer. Lalu  guru meminta

gambar  jenis



diklat dengan benar.






















4.   Jenis-jenis      power     source
disebutkan dengan benar.


peserta diklat untuk memperhatikan cara
& jenis pendinginan,tanda panah dan
tanda T yang diberi  nomor. Kemudian 
guru menugaskan peserta  diklat  untuk
mencocokkan gambar jenis pendinginan
dengan nama yang sesuai. Kemudian
guru memperlihatkan  gambar  dan nama
jenis        pendinginan         yang        sudah
dicocokkan dengan benar. (5 menit).






4. Guru memperlihatkan gambar jenis-jenis
power source  dan nama-nama power
source dalam bentuk slide dengan media
komputer. Guru menugaskan peserta
diklat untuk mencocokkan gambar
power source  dengan  nama power
source  yang sesuai. Kemudian guru
memperlihatkan gambar  dan nama
power source  yang sudah dicocokkan
dengan benar. (5 menit)


pendinginan.






















Media
komputer
dengan       slide
gambar  power
source 




5.   Cara merangkai        Welding
torch  dapat dijelaskan.




5. Guru memperlihakan gambar  Welding
torch,      komponen      Welding       torch,
rangkaian  Welding torch  dan langkah
pemasangan dalam  bentuk slide dengan


Media
komputer
dengan       slide
gambar 
Welding torch 

menggunakan

media

komputer,

dan

gambar













6.   Jenis-jenis kawat las  Tig
dijelaskan dengan benar.

kemudian siswa diberi waktu untuk
mengamati rangkaian Welding torch dan
selanjutnya       siswa       diminta       untuk
menjelaskan cara merangkai  Welding
torch (15menit).


6. Guru memperlihatkan gambar kawat las
Tig  dalam  bentuk slide dengan media
komputer,      lalu      guru      memberikan
kesempatan kepada peserta  diklat untuk
memperhatikan jenis kawat las Tig  pada
gambar tersebut. Lalu guru meminta dua
peserta diklat untuk   menjelaskan cara
kpemilihan kawat las Tig. (15 menit)

rangakaian 
Welding torch






Media
komputer
dengan       slide
jenis      gambar 
kawat las Tig 





7.   Jenis-jenis shielding gas Tig
        dijelaskan dengan benar.
















8.   Pengaruh         Flow        Rate
dijelaskan dengan benar.




7. Guru memperlihatkan  gambar  jenis
shielding gas Tig  dalam bentuk slide
dengan media komputer, lalu guru
memberikan kesempatan kepada peserta
diklat      untuk      memperhatikan       jenis
shielding gas Tig pada gambar tersebut.
Lalu guru meminta dua peserta diklat
untuk   menjelaskan cara pemilihan  gas
berdasarkan kegunaannya. (15 menit)


8. Guru memperlihatkan  gambar  Flow
Rate dalam  bentuk slide dengan media
komputer,      lalu      guru      memberikan
kesempatan kepada peserta  diklat untuk
memperhatikan  cara pengaturan  Flow
Rate pada  gambar  tersebut. Lalu guru
meminta dua peserta  diklat  untuk 
menjelaskan prinsip kerja Flow Rate (15
menit)


Media
komputer
dengan       slide 
jenis shielding
gas Tig 










Media
komputer
dengan       slide
gambar    Flow
Rate .










Media
komputer

9.   Kegunaan

tiap

9. Setelah siswa menjelaskan sistem kerja

dengan       slide



assesories/perlengkapan


pengelasan  Tig  selanjutnya               siswa


gambar

Pada

pengelasan         Tig

diminta menjelaskan kegunaannya.  (10

pengelasan

dijelaskan      peserta  diklat
dengan benar


B.  Psikomotor  (Level  respon
komplek)


1.   Persiapan
Peralatan keselamatan kerja
diperiksa dan dipakai.

menit)




Guru memeriksa kelengkapan siswa
dalam  memakai  alat keselamatan
kerja. (5 menit)
Guru memeriksa siswa dalam memilih
alat bantu. (5 menit)


Guru       memeriksa        siswa       dalam

Tig.




Media
komputer
dengan       slide
gambar
pengelasan Tig
.

Dengan

memperhatikan

mempersiapkan

alat-alat

untuk

keperluan

pekerjaan,

pengoperasian mesin. (5 menit)

peralatan bantu disiapkan 
Peralatan         pengoperasian 


Siswa


menyiapkan         komponen-

pengelasan Tig  disiapkan.

komponen pengelasan Tig. (10 menit)



2.   Proses Kerja


Siswa


memasang


rangkaian

Kompoen-komponen     yang

pengelasan       Tig       sesuai       dengan

diperlukan

untuk 

prosedur. (10 menit)

pengelasan Tig         disiapkan
sesuai Job Sheet.



Pemasangan   pengelasan
Tig    sesuai  energi source
dilakukan dengan benar.


3.   Sikap Kerja
Prosedur keselamatan kerja
dipakai dan dipatuhi dengan
baik.
Prosedur       langkah       kerja
dilakukan.




4.   Produk Kerja
Komponen-komponen untuk
pengelasan  Tig    sesuai










Siswa      selalu      memakai  peralatan
keselamatan kerja sesuai prosedur.         


Siswa dalam proses kerjanya selalu
berdasarkan  langkah kerja yang telah
dibuat. 

energi

sesuai

dengan

gambar    pengelasan  Tig
sesuai energi

Pemasangan

rangkaian

pengelasan  Tig    sesuai
energi      dilakukan      sesuai
dengan prosedur urutan.



5.   Waktu
Dengan memperhatikan langkah

kerja        pada

Job

Sheet

pengelasan Tig    sesuai  energi
dilakukan  dengan tepat waktu.


C.  Afektif (Level Menilai)
1.   Minat
Berusaha mengembangkan

kemampuan

dalam

ketrampilan       mengaplikasi 
pengelasan Tig  sesuai jenis
pekerjaan.

Siswa dalam bekerja tidak harus selalu
dibimbing dan diperhatikan oleh guru,
siswa dinilai  bagaimana kreatifitasnya

2.   Perhatian 

dalam

mengoperasikan

sistem

Setiap        perintah

yang

pengelasan Tig    sesuai  energi  juga

diberikan guru baik sewaktu
di       kelas       maupun       di
workshop           diperhatikan

bagaimana       kerjanya       bila       tidak
diperhatikan oleh guru.

dengan baik.

Siswa

tidak

menolak

bila



Bekerja dengan serius dan
sungguh-sungguh        sewaktu
praktek.

diperintahkan menjawab pertanyaan
yang diberikan guru sewaktu di kelas
dan Siswa mengerjakan pekerjaannya
sesuai dengan yang diperintahkan guru





3.   Disiplin
Kehadiran dalam  kegiatan
belajar mengajar.


Tidak terlambat datang  saat
kegiatan belajar mengajar.


Prosedur keselamatan kerja
dipakai dan dipatuhi dengan
baik.


sewaktu di workshop. 
Siswa tidak  bergurau sewaktu bekerja
di workshop.




Guru mengabsen siswa setiap  awal
dan akhir pertemuan kegiatan belajar
mengajar. ( 5 menit)
Bagi yang terlambat diberi ciri khusus,
bila sudah terlambat sebanyak tiga kali
maka dianggap satu kali alpa. 

Prosedur

pemasangan

Siswa mengikuti prosedur keselamatan

pengelasan  Tig    sesuai
energi dilakukan 
Prosedur       langkah       kerja
pengelasan  Tig    sesuai
energi  dilakukan  dengan
benar
Perawatan mesin dilakukan
dengan melihat prosedur.

kerja dengan benar.


Siswa mengikuti prosedur pengelasan
Tig  sesuai energi dengan baik.
Siswa mengikuti prosedur langkah
kerja pengelasan Tig    sesuai  energi
dengan baik.
Siswa melakukan pembersihan  dan

perawatan

setelah

selesai

menggunakan mesin.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar